breaking

clean-5

clean-5

/ / Tips Cara Melewati Jalan Berlubang

Share This
Melewati jalan berlubang saat berkendara memang terkadang membuat kita terpancing emosi. Kenyamanan perjalanan terganggu, roda dan kaki-kaki mobil juga menjadi rentan rusak. Apalagi untuk kondisi jalan di Indonesia yang bahkan jalan protokol saja terkadang ditemui lubang atau jalanan yang tidak rata. Jika tidak hati-hati, bukan hanya merusak bagian mobil saja, tapi juga bisa membahayakan diri serta pengguna jalan lainnya.

Jika jalanan yang berlubang tersebut sudah biasa kita lalui, mungkin kita akan terbiasa dan mulai memahami cara melewatinya. Namun jika tidak, maka kita harus lebih berhati-hati agar mobil tidak membentur lubang hingga berdampak terlalu parah. Berikut ini beberapa tips cara mengemudi untuk melewati jalan berlubang yang dapat anda perhatikan.

Tips cara melewati jalan berlubang

Kurangi Kecepatan Sebelum Lubang
Jika mobil yang dikendarai sedang melaju kencang, maka mulai kurangi kecepatan dan perlambat laju kendaraan jika melihat ada lubang di depan anda. Jangan mengurangi kecepatan secara mendadak karena berbahaya mengagetkan mobil di belakang anda. Jangan pula mengerem mendadak saat ban memasuki lubang, karena hal tersebut akan memperkuat benturan antara roda, velg dan pinggiran lubang.

Lihat Kedalaman Lubang
Sebelum melalui lubang tersebut, lihat bagaimana kondisi dan kedalaman lubang yang akan kita lewati. Kita bisa menjadikan mobil di depan kita sebagai parameter untuk melakukan pengukuran kedalaman lubang tersebut. Jika ternyata terlalu dalam, maka ambil sisi lain dari jalanan yang akan dilalui.

Lihat Kondisi Jalanan
Saat melalui area berlubang, pastikan anda sudah mengetahui kondisi jalanan di sekitar anda sebelum mengambil langkah. Misalkan jalanan dua arah dan cukup ramai, maka jangan mengemudi zig-zag atau meliuk untuk menghindari lubang. Jika memang cukup aman, ambil jalur yang tidak terlalu berlubang. Dan jika memang memungkinkan, tempatkan lubang tepat di antara roda mobil anda.

Pastikan Posisi Mengemudi Anda Mantap
Saat melalui jalanan berlubang, apalagi saat jalanan bergelombang, pastikan anda sudah dalam posisi mengemudi yang mantap. Maksudnya disini, anda duduk dengan nyaman tanpa kemungkinan terpental saat terkena guncangan. Sabuk pengaman akan sangat membantu untuk membuat posisi anda lebih terjaga. Kemudian pastikan juga anda memegang kemudi dengan kokoh. Jalanan yang berlubang atau bergelombang dapat memberikan ‘perlawanan’ yang akan membuat mobil roda depan anda berubah arah.

Lewati Lubang Secara Menyeluruh
Jika memang terpaksa harus masuk ke lubang, maka lewati secara perlahan dan biarkan seluruh permukaan roda masuk ke dalam lubang. Dengan demikian, anda mengurangi resiko kerusakan ban. Namun jika lubang cukup dalam dan lebar, jangan memaksakan untuk melaluinya. Dikhawatirkan diameter ban dan tinggi ground clereance mobil yang anda bawa tidak akan mampu melewatinya, dan justru merusak body mobil kesayangan anda.
«
Next

Posting Lebih Baru

»
Previous

Posting Lama


Tidak ada komentar:

Leave a Reply